Sunday, March 17, 2019

PERMAINAN RAKYAT MELAYU ROKAN HULU

Kabupaten Rokan Hulu memiliki kekayaan seni dan budaya yang berkembang di masyarakatnya, salah satunya adalah keberagaman permainan tradisional. Berikut merupakan permainan tradisional yang berkembang di masyarakat Rokan Hulu :
  1. Gasiang (Gasing) adalah permainan rakyat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang telah dijadikan sebagai olahraga tradisional. Permainan terdiri dari 3-5 orang dalam satu kelompok, permanan gasing ini disebut dengan cabang botingkah, sungguh sportif ada poin setiap permainan. Setiap kelompok memiliki induk gasing, kelompok Poningkah (Pemukul) terlebih dahulu memenangkan sololok (selama putar gasing) jika sesuai aturan kelompok peningkah menang maka poin 1 untuk kelompok poningkah, sebaliknya kalah 1 poin untuk pihak lawan, adapun aturan telah ditetapkan sebagaimana fungsi induk dan anak.
  2. Main Lukah, yakni suatu permainan membuat lukah gilo. Lukah Gilo artinya lukah yang bergerak-gerak yang disebut lukah menari. Biasanya permainan ini dilakukan oleh seorang Bomo (Pawang Lukah) dengan membaca mantra-mantra terlebih dahulu. Permainan ini dilakukan oleh masyarakat Ulak Patian, Kecamatan Bonai Darussalam.
    Pembacaan mantra pada permainan lukah
  3. Main Yeye, merupakan suatu permainan yang menggunakan tali yang terbuat dari akar pakis dan sering juga digunakan rangkaian karet (kojai). cara bermain yeye, yakni tali diputar oleh dua orang masing-masing memegang ujungnya, kemudian beberapa orang masuk ke daerah tali yang sedang di putar tersebut. Bagi yang tidak bisa melakukan lombatan dianggap kalah dan ia yang memutar tali. Permainana ini dikenal luas oleh masyarakat dan anak-anak di daerah Kabupaten Rokan Hulu.
  4. Main Layang-Layang, yaitu permainan rakyat yang terbuat dari kertas, kerangka dari bahan bambu. Layang-layang diberi tali dan diterbangkan ke udara. Permainan layang0layang menjadi permainan rakyat Rokan Hulu dan sekitarnya baik tua maupun muda.
  5. Sepak Raga, yaitu permainan rakyat yang menggunakan bola raga. Bola raga adalah bola yang terbuat dari rotan sogo yang dikikis dan dijalin membentuk bola, permainan sepak raga dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 3 orang dengan aturan bola dioper kemudian disepak ke arah lawan. Adapun sistem perhitungan poin sama halnya dengan sistem permainan bola voly.
  6. Main Hoseng, yaitu permainan rakyat yang terkenal di Kecamatan Rambah, hoseng terbuat dari kayu yang dimainkan oleh anak-anak dengan menggelindingkannya. Permainan hoseng menggunakan buah pisangyang diputar diatas pinggang. Siapa yang lebih dahulu berhenti maka ia yang kalah.
  7. Main Galah, permainan ini selalu dimainkan oleh anak-anak terutama di pedesaan Rokan Hulu. cara permainannya yaitu : Membuat garis persegi empat ditengahnya diberi garis untuk menghambat yang lewat, permainan ini biasanya dimainkan oleh 3 orang atau lebih, satu orang sebagai penunggu garis belakang. Apabila tertangkap maka ia menjadi penunggu garis tengah atau belakang.
  8. Main Sitatak, permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak do Kabupaten Rokan Hulu. Permainan ini dimainkan oleh minimal 2 orang dengan menggunakan batu Picak (Pecek atau dari pecahan batu).
  9. Main Setinjau, permainan ini terbuat dari kayu berukuran 2,5 meter dengan lingkaran 5 cm sebanyak dua batang. kayu tersebut masing-masing dipasang tempat pemijak kaki. Dimainkan dengan cara menaiki kayu tersebut dan menjalankannya. Permainan ini diperlukan keseimbangan.

No comments:

Post a Comment

TUGAS BAHASA INDONESIA  Dosen Pengampu : Yaniati, M.Pd Berikut merupakan ini merupakan kumpulan makalah mata kuliah Bahasa Indonesia...