Saturday, March 9, 2019

LOGO BRANDING PARIWISATA KABUPATEN ROKAN HULU

Dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu melaunching Logo Brand Pariwisata Rokan Hulu. Logo ini akan digunakan dalam berbagai kegiatan terutama dalam rangka mempromosikan Kabupaten Rokan Hulu. Logo ini didesain berdasarkan sayembara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Rokan Hulu.
Pembuatan logo brand pariwisata ini tidak sembarang didesain, namun didalamnya terdapat nilai dan filosofi yang melambangkan potensi Kabupaten Rokan Hulu. Berikut merupakan arti dan makna Brand Pariwisata Rokan Hulu :

1. Bentuk bangunan qubah masjid (qubah Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu) menggambarkan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu yang religius yang menjalankan nilai-nilai agama dalam kehidupan kesehariannya.

2. Bentuk bangunan rumah adat (istana raja rokan) menggambarkan masyarakat Rokan Hulu yang menjunjung tinggi adat istiadat dan menerapkan nilai-nilai adat dalam kehidupan kemasyarakatan.

3.  Bangunan rumah adat yang disangga oleh 5 tiang menggambarkan bahwa Rokan Hulu terdiri dari 5 luhak atau kerajaan yaitu Kerajaan Tambusai, Kerajaan  Rambah, Kerajaan Rokan IV Koto, Kerajaan Kunto Darussalam, dan Kerajaan Kepenuhan. Hal tersebut menggambarkan Rokan Hulu daerah kerajaan dan bersejarah.

4. Bentuk 1 garisan atap, tanah tulobih (berlebih) Ujung Batu dan 2 penyangga kanan dan kiri atap, melambangkan kenegrian Tandun dan Kabun yang berfungsi sebagai pelindung Kabupaten Rokan Hulu sebagai sebuah rumah yang utuh tempat berlindung.

5. Banuna Qubah yang bersanding dengan dengan rumah adat menggambarkan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, dalam kehidupannya memelihara dan menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat yang didasarkan pada nilai-nilai agama islam.

6. Lima warna tiang utama menggambarkan warna Pesona Indonesia dan keragaman suku di Rokan Hulu yang saling hidup rukun dan bahu membahu serta menjaga dan memelihara serta bersama membangun Rokan Hulu, agar lebih maju.

7. Tiga warna diatas dan singgok rumah adat yaitu kuning, merah dan hijau menggambarkan Rokan Hulu berasal dari Rumpun Melayu yang terbuka untuk semua suku dan agama

8. Tulisan " Rokan Hulu The Diversity Of  Melayu" berarti Rokan Hulu keberagaman melayu menggambarkan bermacam suku (Melayu, Mandailing, Jawa, Minang, Sunda, Batak, Aceh, Nias dan lain-lain) yang bersatu saling isi mengisi dan penuh tolerasi, saling berdampingan bersinergi mewujudkan kemajuan bersama untuk Kabupaten Rokan Hulu. 

2 comments:

TUGAS BAHASA INDONESIA  Dosen Pengampu : Yaniati, M.Pd Berikut merupakan ini merupakan kumpulan makalah mata kuliah Bahasa Indonesia...