Thursday, February 28, 2019

RUMAH SENI BALAI PROCO



Rumah Seni Balai Proco merupakan salah satu sanggar seni yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Rumah Seni Balai Proco merupakan wadah berkumpul,  berdiskusi,  sekaligus pembinaan dan pelestarian seni budaya melayu khususnya adat kebudayaan melayu Rokan Hulu kepada masyarakat terutama generasi muda. Rumah Seni Balai Proco resmi berdiri secara hukum sejak tanggal 04 Maret 2013, dan masih menjalankan operasionalnya hingga saat ini. Sekretariat Rumah Seni Balai Proco beralamat di Kompleks Perumahan Pemda Kabupaten Rokan Hulu-Kota Pasir Pengaraian.

FILOSOFI NAMA RUMAH SENI BALAI PROCO
Kata "Rumah Seni" bermakna lembaga ini merupakan wadah tempat berkumpulnya seniman, pencinta seni budaya, dan masyarakat yang memiliki minat bakat dalam berkesenian. Sedangkan "Balai Proco" berasal dari bahasa melayu Rokan Hulu yang berarti kain proco (perca), kain proco ini adalah kain yang terdiri dari potongan-potongan kain yang dijahit menjadi satu membentukl sehelai kain yang indah dengan corak dan motif yang bervariatif, yang mana kain proco ini biasanya akan dibentangkan ketika helat kenduri di Kabupaten Rokan Hulu, kain ini memiliki filosofi bahwa siapa saja boleh duduk bersama di helat kenduri tanpa membedakan status sosial masyarakat, semua berbaur satu sama lain.
Rumah Seni Balai Proco juga menyediakan berbagai produk dan jasa seperti :

  1. Tari Tepak Sirih dan Tari Persembahan
  2. Tari dan musik kreasi tradisional, kontemporer dan modern
  3. Orkes melayu
  4. Make-Up all event
  5. Gondang Burogong dan silat
  6. Kasidah
  7. Sanggar Tari dan Les Musik

Informasi pemesanan dapat menghubungi 0822-8618-4700 (Manager RSBP)
Rumah Seni Balai Proco menjalankan 3 operasional,  yakni seni tari,  seni musik, dan sastra. Rumah Seni Balai Proco telah mendapatkan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.  Berikut merupakan kegiatan dan penghargaan yang pernah diraih Rumah Seni Balai Proco :

  1. Top 13 Parade Tari Nusantara 2018
  2. Juara I Parade Tari Riau 2018
  3. Juara I Laksamana Award
  4. Juara III Parade Tari Riau 2017
  5. Juara I Festival Lancang Kuning 2017
  6. Riau Expo
  7. Krakatau festival, Lampung
  8. Riau Performing Art
  9. Festival Sastra Lisan Riau
Berikut merupakan dokumentasi, proses latihan, penampilan, dan prestasi yang pernah diraih Rumah Seni Balai Proco :
Penampilan tari oleh tim RSBP

Tari Kontemporer oleh Tim RSBP

Tari tradisional oleh tim RSBP

Tari massal oleh tim RSBP

Parade Kostum Tari oleh Tim RSBP

Proses Latihan Tari

Proses Latihan Musik

REKRUTMENT DAN PENDAFTARAN
Nah, untuk kamu yang ingin bergabung bersama Rumah Seni Balai Proco dapat mendaftar dengan cara menghubungi Telp/What'app 0822-86184700 (Manager RSBP) biaya pendaftaran Rp50.000. Serta mendaftar secara online melalui link berikut ini :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSedfB1yZYpyK_v0yL3I7z9qqY7_nVd0_5vGceTrW07sNNKb-g/viewform?usp=sf_link


No comments:

Post a Comment

TUGAS BAHASA INDONESIA  Dosen Pengampu : Yaniati, M.Pd Berikut merupakan ini merupakan kumpulan makalah mata kuliah Bahasa Indonesia...